Rencana Program Kerja
Dalam pelaksanaanya, Yayasan menetapkan program-program kerja yakni jangka pendek dan jangka panjang. Adapun yang dimaksud dengan program kerja jangka pendek adalah program kegiatan yang telah dan akan dilaksanakan dalam waktu setahun kedepan. Sementara program kerja jangka panjang adalah program kegiatan yang akan dilaksanakan dalam 2-3 tahun kedepan.

Program kerja yang termasuk dalam program kerja jangka pendek adalah:

  1. Pelaksanaan Program Kegiatan Belajar (Pendidikan Anak Dini Usia/PADU) dengan nama kelompok belajar KURNIA
  2. Pemberantasan Buta Aksara Al-Quran
  3. Pembinaan dan penyuluhan kesehatan
  4. Pemberian Konsultasi Kepribadian Islam
  5. Menyelenggarakan kajian keislaman seperti: tabligh akbar, seminar dan penyuluhan
  6. Penerbitan Buletin
  7. Pembentukan Taman Bacaan

Adapun program kerja jangka panjang yang akan dijalankan adalah:

  1. Pembentukan kelompok usaha mikro
  2. Renovasi sekretariat dan pembangunan aula pertemuan dan perpustakaan
  3. Pembentukan unit usaha yang akan dijadikan sebagai penopang jalannya operasional yayasan
  4. Pembuatan website sebagai sarana komunikasi dan informasi.

Pelaksaanaan Program
Aktivitas program kegiatan yang pernah dan sedang akan dilaksanakan oleh Yayasan Al-Qurni secara umum terbagi menjadi dua (2), yaitu kegiatan rutin dan insidentil.

Dalam pelaksanaannya, Yayasan Al-Qurni, sebagai Pusat Pengembangan Keluarga Muslim juga menjalin kerjasama dengan Pemerintah Daerah dari tingkat Desa hingga ke pusat, Dewan Kemakmuran Masjid (DKM), Remaja Masjid, atau lembaga Islam lainnya khususnya yang ada di sekitar wilayah Cirebon. Adapun program kegiatan secara keseluruhan yang sedang dan akan dilaksanakan adalah sbb:

  1. Kelompok Belajar KURNIA merupakan bentuk kegiatan pendidikan pra-sekolah, bagi anak usia pra sekolah semacam taman bermain dan taman kanak-kanak yang dilaksanakan setiap hari. Kegiatan ini seiring dengan program pemerintah dalam peningkatan  mutu pendidikan rakyat, Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini Departemen Pendidikan Nasional RI.
  2. Pemberantasan Buta Aksara Al-Quran, pembinaan baca tulis al-quran yang dilaksanakan setiap hari (sore dan malam) bagi anak dan remaja serta orang dewasa bertempat sekretariat.
  3. Untuk mensinergikan berbagai kegiatan masyarakat, Yayasan Al-Qurni pun mengadakan pembinaan dan penyuluhan kesehatan bagi anak dan ibu yang bekerjasama dengan tim penggerak PKK Desa Battembat (Posyandu).
  4. Kajian Ahad, pembinaan akidah, akhlak, serta pemahaman terhadap ajaran Islam atau pun problematika kehidupan dari perspektif Islam bagi warga masyarakat sekitar yang dilaksanakan 2 kali per bulan bertempat di sekretariat.
  5. Pengembangan Sumber Daya Ekonomi Umat, yaitu pembinaan, pelatihan wirausaha dalam rangka meningkatkan ekonomi umat.
  6. Pemberian santunan bagi keluarga tidak mampu, yatim piatu dan para lansia dalam bentuk beasiswa pendidikan, bantuan sembako dan penyaluran zakat, infak dan shodakoh.
  7. Pengembangan Media, sebagai pelengkap informasi Yayasan Al-Qurni dengan menerbitakan buletin AL-QURNI sebulan sekali yang membahas tema-tema seputar keluarga, pendidikan dan pemahaman Islam secara menyeluruh. Selain itu juga dilakukan publikasi dalam bentuk buku, buklet, stiker, kaos serta media publikasi lainnya
  8. Konsultasi Kepribadian, dengan perantaraan pertemuan rutin ataupun insidentil serta bulletin AL-QURNI kami optimalkan juga sebagai media konsultasi kepribadian tentunya dari perspektif Islam.
  9. Kajian Insidental, kajian-kajian ini bersifat insidental, seperti Seminar, Tablig Akbar, Pembinaan dan Penyuluhan dll. Kegiatan ini dilaksanakan secara independen oleh Yayasan Al-Qurni atau hasil kerjasama dengan pihak Masjid, Sekolah, Kampus, Organisasi Islam lainnya selama tidak bertentangan dengan maksud dan tujuan Yayasan Al-Qurni.
  10. Yayasan Al-Qurni juga melengkapinya dengan Taman Bacaan RUMAH AKSARA, sebagai pusat pemberdayaan minat baca umat terhadap khasanah Islam dan pengetahuan umum lainnya.
  11. Internet Café, kedepan untuk memudahkan akses informasi seputar pemahaman keislaman bagi umat serta informasi tentang kegiatan, Yayasan Al-Qurni pun akan mengembangkan publikasi dengan membuka Internet Cafe Al-Qurni yang memiliki website dan bisa dikunjungi siapa saja sebagai media pengembangan kualitas Yayasan Al-Qurni, atau media diskusi itu sendiri.

Dari kesekian banyak program kegiatan tersebut, hingga kini dengan segala keterbatasan kami, maka yang baru bisa dijalankan adalah :

  1. Pendidikan Anak Usia Dini dengan membentuk Kelompok Belajar KURNIA.
  2. Pembukaan Taman Bacaan Rumah Aksara, meski pada kenyataannya koleksi bacaan masih sangat minim. Taman Bacaan ini pun di buka juga di Kampung Buaran, Kelurahan Serua, Kecamatan Ciputat, Kabupaten Tangerang di rumah kediaman salah satu pendiri yayasan yakni Hayat Fakhrurrozi.
  3. Pemberantasan Buta Aksara Al-Quran, pembinaan baca tulis al-quran yang dilaksanakan setiap hari (sore dan malam) bagi anak dan remaja serta orang dewasa bertempat sekretariat dan di kediaman rumah Bapak Bakhri Asmawi.
  4. Untuk mensinergikan berbagai kegiatan masyarakat, Yayasan Al-Qurni pun mengadakan pembinaan dan penyuluhan kesehatan bagi anak dan ibu yang bekerjasama dengan tim penggerak PKK Desa Battembat (Posyandu).
  5. Mengelola dan Menyalurkan zakat, infak dan shodakoh.

salam,

Hayat FR