Sekilas Rumah Aksara
Rumah Aksara merupakan nama sebuah taman bacaan yang dikembangkan oleh Yayasan AL-QURNI sebagai Pusat Pengembangan Keluarga Muslim, yang konsen terhadap perkembangan dunia Rumah baik cetak maupun elektronik. Melaui Rumah Aksara, diharapkan dapat tersampaikan pemahaman Islam yang lengkap dan paripurna itu, seiring dengan semakin gegap gempitanya kondisi jaman.

Dunia anak dan remaja merupakan sebuah setting yang selalu interest untuk dikaji dan kemudian diberi solusi. Namun tidak begitu saja melupakan posisi orang dewasa (baca: orang tua) sebagai pengayom. Untuk itulah, dengan tidak meninggalkan bacaan dan bahan Rumah lainnya dengan karakteristik bahasa yang mereka gunakan dalam keseharian. Rumah Aksara mencoba menyediakan dan melengkapi bahan-bahan Rumah baik cetak maupun elektronik yang tidak terlampau sulit dicari dan dipahami remaja.

Rumah Aksara diinspirasi dan diaspirasi oleh kaum muda islam yang konsen terhadap perkembangan sekaligus problematika yang dihadapi oleh orang tua, pemuda, remaja, dan anak. Berangkat dari kepedulian terhadap problematika itulah, serta didorong oleh sebuah ruh pemahaman bahwa pemahaman Islam –baik segi sosial, ekonomi, budaya dan segi kehidupan lainnya– yang mereka terima, harus disampaikan atau didakwahkan kepada sesama muslim.

Landasan Aktivitas

Sebagai landasan dari aktivitas ini adalah :

“Bacalah dan Tuhammulah Yang Maha Pemurah, yang mengajar manusia dengan perantaraan Kalam” (Terj. Qs. al-‘Alaq 3-4)

”Dan Kami turunkan dari Al-Qur’an suatu obat yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman” (Terj. Qs. al-Israa’ 82)

“Mencari ilmu menjadi kewajiban atas setiap Muslim” (Terj. HR. Tabharani)

“Sampaikanlah apa yang berasal dariku, meskipun hanya satu ayat” (Terj. HR. Bukhori)

“Jikalau anak adam mati, putuslah segalanya dengan dunia, kecuali tiga hal, anak yang sholeh, amal jariyah dan ilmu yang bermanfaat” (Terj. HR. Bukhori Muslim)

Maksud dan Tujuan
Maksud dari keberadaan Rumah ini adalah tidak lain memberikan kontribusi dalam pembinaan dan pengembangan serta membekali masyarakat (muslim) dalam menjalani kehidupan di era modernisasi ini menuju kebahagian abadi di akhirat kelat.

Sedangkan tujuan utama dan termulia adalah menggapai ridhlo Allah Subhanahu Wata’ala, yang diaplikasikan dalam bentuk:

  1. Memperkuat tali silaturahim antar keluarga muslim (ayah, ibu dan anak)
  2. Melaksanakan kewajiban menuntut ilmu
  3. Membekali berbagai pengetahuan untuk membentuk kepribadian masyarakat Muslim yang handal.

Sasaran
Sasaran Rumah Aksara adalah keluarga muslim khususnya generasi muda, remaja dan anak-anak serta kaum muslimin pada umumnya.

Program dan Koleksi Bacaan
Program yang kami jalankan adalah sesuatu yang mungkin dapat diterima oleh anak-anak, remaja, dan pemuda serta orang tua dari berbagai strata sosial. Hal ini diaplikasikan dalam :

  1. Menyediakan berbagai sumber bacaan baik dalam bentuk cetak maupun elektronik, baik berbahasa Indonesia ataupun Inggris tanpa mengecualikan bahasa lainya.
  2. Membentuk forum atau komunitas untuk belajar atau berdiskusi.
  3. Menerbitkan bulletin sebagai media informasi dan dakwah kepada khalayak umum.
  4. Mengadakan pendidikan dan pelatihan, seminar atau workshop yang berkaitan dengan perkembangan pustaka Indonesia.

Sedangkan koleksi pustaka yang disediakan adalah berbagai sumber bacaan baik dalam bentuk cetak –seperti buku, majalah, buletin, surat kabar, tabloid atau artikel-artikel— maupun elektronik dalam bentuk audio maupun video.

Susunan Pengurus
Susunan Pengurus Taman Bacaan Rumah Aksara terdiri dari:
Ketua        : Atu Khumaeroh, S.P
Sekretaris : Fahmi Fatkhurrahman
Bendahara : Umi Khultsum Junairiyah
Anggota   : Fatwa Tajuddin, Iin Khurin’ain