Ide Awal
Begitu banyaknya masalah dalam bidang pendidikan, menjadikan masalah pendidikan tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah saja, namun juga tanggung jawab kita bersama. Upaya peningkatan pemerataan kesempatan belajar terus digalakkan oleh semua elemen masyarakat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Tak terkecuali dengan upaya yang dilakukan oleh Yayasan Al-Qurni sejak awal tahun baru Islam 1425 H bertepatan, 22 Februari 2004 silam.

Dengan semangat hijrah dan rasa peduli terhadap pendidikan secara umum dan pendidikan anak usia dini khususnya serta didorong oleh rasa tanggungjawab dakwah kepada masyarakat. Maka berdirilah sebuah kelompok belajar KURNIA sebagai perwujudan Pendidikan Anak Usia Dini dan pengembangan aktivitas belajar sebelumnya. Terlebih lagi di Desa Battembat hingga kini belum ada lembaga pendidikan setingkat ini (baca: Taman Kanak-kanak).

Disamping memberikan bimbingan akhlak dan baca tulis Al-Quran bagi anak-anak, maka kelompok belajar KURNIA –yang mengacu para program pemerintah yakni Pendidikan Anak Usia Dini— ini diharapkan dapat membantu dan membekali anak-anak pra sekolah untuk persiapan ke jenjang berikutnya yakni Sekolah Dasar (SD). Kehadiran Yayasan Al-Qurni yang menyediakan pendidikan murah mendapat respon yang besar dari masyarakat sekitar. Tentu saja, semua itu berimbas pada daya tampung ruangan yang saat ini masih memanfaatkan rumah tua peninggalan orangtua kurang memadai dan dalam kondisi yang memprihatinkan.

Dan memasuki tahun ‘hijriyah’ ketiga Yayasan Al-Qurni selaku pengelola kelompok belajar Kurnia bermaksud untuk menambah ruangan belajar yakni dengan membangun ruang belajar, ruang kantor dan ruang serba guna. Dimana pada akhirnya bangunan itu akan digunakan untuk kegiatan belajar mengajar menggantikan ruangan yang kurang memadai. Bangunan dua lantai (130,7m2) ini akan berdiri di tanah seluas 68m2 yang masih menyatu dengan bangunan induk.

Sehubungan dengan itu Yayasan Al-Qurni mengajak berbagai kalangan, baik perorangan, lembaga maupun perusahaan untuk ikut serta peduli terhadap pendidikan melalui program pembangunan ruangan belajar yang kami rencanakan.

salam hormat kami,

Hayat FR